Mulai Ngeblog!: Cara Membuat Blog dengan Benar Hingga Menghasilkan

Yakin sudah benar cara Ngeblog Anda?

Pada artikel yang pertama ini saya akan mengupas bagaimana cara membuat blog dengan benar dalam sisi bisnis yang kedepan-nya akan menguntungkan pembaca.

Namun sebelum itu, apakah pembaca sudah faham yang dinamakan ngeblog?

Jika pembaca paham dengan yang dinamakan blog, maka artikel ini adalah bacaan yang tepat.

Begitu juga jika pembaca adalah yang awam sekali dengan yang namanya Ngeblog(aktivitas merawat blog) maka artikel ini akan menjadi yang paling tepat, karena saat ini saya akan membahas hal tersebut dengan se rinci mungkin agar mudah di pahami oleh awam sekalipun.

Apa yang dapat kami sampaikan pada artikel ini? Berikut rangkuman meteri untuk panduan Ngeblog.

  1. Hobi yang di bayar
  2. Mulai ngeblog untuk bisnis
  3. Menentukan artikel yang cocok
  4. Pencarian judul dengan tools gratis
  5. Cara mendapatkan uang dari Ngeblog
  6. (special) Ebook 100% Gratis cara daftar adsense
  7. Menjadi penayang iklan
  8. Menjadi Affiliate marketer
  9. Bagaimana mulai Ngeblog
  10. Cara Membuat website pertama kalinya.

Ngeblog adalah aktivitas merawat blog dari pengisian konten yang rata-rata memberikan sebuah informasi dan juga tips dari masing-masing pengelola blog itu sendiri. Aktivitas ngeblog ini sendiri awal mulanya adalah sebuah hobi sharing informasi melalui internet, namun dengan perkembangannya rutinitas ini bisa sandingkan dengan bisnis yang sangat menguntungkan.

Hobi yang menjadi bisnis menguntungkan

Hobi yang dibayar!

Ya memang asik jika hobi anda dapat menghasilkan pundi pundi rupiah, tentunya akan memberikan kesan puas dengan apa yang didapat.

Ngeblog dapat uang, ko’ bisa?

Sangat bisa, asal dengan rencana yang matang.

Sampai disini saya sering melihat keluhan-keluhan dari para bloger pemula yang bertujuan ingin mendapatkan penghasilan dari Ngeblog itu tersendat sendat. Mengapa itu terjadi?

Kejadian tersebut memang bukan hanya di alami oleh bloger pemula saja, namun oleh para senior blog yang saat ini sudah meraup ratusan juta perbulannya dari Ngeblog pada masa belajar, karena sebuah pengalaman akan semakin matang dengan berjalannya waktu.

Ngeblog memang lebih asik dijalani dalam sisi hobi, namun anda juga dapat memulai Ngeblog dengan merancakannya sebagai bisnis.

Mulai Ngeblog Untuk Bisnis.

Tentu untuk membangun bisnis model apapun kita memerlukan sebuah strategi yang matang yang disusun sedemikian rupa untuk tujuan goal. Begitupun dengan Ngeblog, jika anda mengkategorikannya untuk bisnis.

Membangun planning Ngeblog untuk bisnis tentunya ada step by step nya dengan membaca artikel ini hingga selesai maka anda akan lebih mudah untuk menjalankan step by step untuk memulai bisnis dari Ngeblog.

Perencanaan:

Perencanaan adalah suatu hal yang sangat penting, karena ini berbeda dari hobi yang bisa menjadi bisnis yang sudah sedikit saya terangkan sebelumnya.

Yang utama dari Ngeblog ini tentunya adalah sebuah website yang mempunyai konten menarik yang dicari banyak orang, semakin banyak orang mencari kemungkinan besar konten pada website anda akan menjadi tempat berlabuh para pengunjung yang membutuhkan konten artikel yang di buat pada website anda.

Prinsip standard Ngeblog untuk bisnis adalah “Banyak Visitor(pengunjung) = UANG”. Tentu hal utama adalah membuat blog yang Anda kelola harus mempunyai banyak pengunjung.

Menentukan Konten Artikel Yang Banyak Dicari

Dari sini saya akan membawa anda mempelajari tools kebutuhan Ngeblog tentu sebelum anda membuat sebuah blog, langkah awal yang harus dikuasai adalah strategi, karena jika mulai dari membuat blog tanpa strategi akan membuat bingung nantinya, dan itu sudah saya alami berkali-kali.

Rencanakan kata kunci:

Seperti yang di terangkan di atas “banyak pengunjung = uang” nah bagaiman cara mempunyai banyak pengunjung ke sebuah blog. Jawabnya adalah melalukan reset kata kunci populer.

Disni saya memberikan contoh dua kata kunci:

  1. baju batik terbaru
  2. model baju batik terbaru

Kira-kira judu mana yang paling banyak di cari?

Ya Anda pasti akan merasa kesulitan untuk menebak volume pencarian mana yang paling populer atau banyak dicari.

Disini saya menerangkan penggunaan Tools kebutuhan Ngeblog yang bernama “Google Keyword Planner” tools ini gratis dari google yang akan memudahkan untuk merencakan bisnis mulai dari pencarian kata kunci yang cocok.

Dan jawaban atas pertanyaan yang saya ajukan di atas adalah pilihan NO.2. Kenapa demikian? Karena google menjawab pertanyaan tersebut dengan mudah dari volume penelusuran mesin telusur miliknya yaitu google.com

Dari gambar di atas “model baju batik terbaru” lebih unggul volume pencariannya yaitu 10rb – 100rb pencarian bulanan rata-rata.

Sementara untuk pencarian “baju batik terbaru” itu hanya menguasai volum pencarian sebanyak 1rb – 10rb saja pencarian bulanan pada mesin pencari google.com

Bagaimana Saya bisa menggunakan tools Keyword planner?

Langkah pertama sekali, syaratnya Anda harus mempunyai akun google/email @gmail

Selanjutnya jika sudah mempunyai akun google/@gmail maka tools tersebut bisa di akses di: https://adwords.google.com/intl/id_id/home/tools/keyword-planner/

Namun bisa melalui pencarian dari mesin pencari google.com dengan mengetikan “Google Keyword Planner” pada form pencarian.

Selanjutnya Klik Button Login/Masuk pada halaman Adwords(jika sudag mempunyai akun google/@gmail):

Silahkan Masukan Email dan website, namun jika anda belum mempunyai website maka bisa asal mencantumkan website, seperti pada gambar ini

Pada tahap ini dan sampai selesai bisa memberikan informasi asal-asalan pada setiap form isian, karena tujuan dari tutorial ini adalah memanfaatkan tools “Google Keyword Planner” bukan untuk beriklan.

P.S: Jangan tegang karena Anda takut di tagih ke rumah oleh google J karena tidak akan terjadi.

(asal-asalan ngisi yang penting semua form terisi)

*Tinggal Klik Simpan/lanjutkan/Next terus menerus sambil mengisi form yang kosong.

(pilih metode pembayaran transfer uang, jangan ragu karena tidak akan ditagih google)

*Jika setelah klik “Selesai dan buat Iklan” pada gambar di atas muncup “pop up” maka pilih “Lengkapi”

*Sampai disini akun Adwords sudah jadi, tujuan membuat akun Adwords adalah untuk menikmati Tools gratis untuk reset keyword yaitu google Planner.

*Kembali buka halaman: https://adwords.google.com

Jika mendapati laman seperti gambar di atas klik setting di bagian kanan atas, dan mencul menu Keyword Planner dan pilih menu tersebut yang akan di arahkan ke halaman Tools Keyword planner.

Pada form gambar di atas ini, Anda sudah dapat memulai mencari volume penelusuran paling populer atau pencarian terbanyak, isi form seperti di atas untuk sekedar latihan, dan klik  “Get Ideas” maka google keyword planner akan menampilkan data penelusuran secara akurat untuk kata kunci yang anda masukan, dan hasilnya akan seperti gambar berikut:

Dari pendapatan volume di atas, anda akan mengetaui apakah artikel untuk mengisi website anda akan populer atau banyak dicari pengunjung?

Sampai disini sudah dapat dimengerti. “Jangan buang buang waktu” untuk membuat artikel yang tidak dibutuhkan. Karena mulai saat ini arah dari artikel yang saya buat mengacu pada arah bisnis.

Tahap berikutnya adalah UANG.

Uang adalah tujuan utama dalam bisnis, namun sebagian orang tidak mengutamakannya. Namun dari rangkaian step by step yang saya sampaikan ini bertujuan untuk mendapatkan Uang dari Hasil Ngeblog.

Ada beberapa metode yang dapat diterapkan ketika Ngeblog untuk mendapatkan uang.

  1. Monetize blog dengan cara menjadi penayang iklan.
  2. Menetize blog dengan memberikan referal produk affiliate.

Sementara ini hanya dua itu yang akan menjadi topik yang akan saya bahas satu persatu.

Mendapatkan uang sebagai penayang iklan

Untuk menjadi penayang iklan tentunya harus mempunyai trafik pengunjung yang sangat besar ke website yang sedang Anda kelola, yang nantinya para Advertiser(pemasang iklan) akan tertarik memasang iklan pada website Anda karena mempunyai jumlah pengunjung harian yang sangat deras, namun untuk melangkah ke jenjang yang akan sulit itu. Kita juga dapat memanfaat pihak ketiga yaitu Google Adsense sebagai bantuan agar kita dapat menjadi penayang iklan dari Advertiser, meski trafik website belum terlalu banyak.

Google Adsense saat ini masih menjadi primadona dikalangan bloger, karena para publisher(sebutan penayang iklan) bisa menayangkan iklan dengan bayaran per klik atau yang lebih banyak dikenal CPC(cost per click) dari Advertiser malalui pihak ketiga yaitu Google Adsense.

Google Adsense membayar senilai biaya yang di berikan Advertiser kepada Publisher dengan hitungan per klik iklan.

Skemanya seperti ini:

  1. Anda dafatar sebagai publisher Google Adsense.
  2. Anda disetujui oleh pihak Google Adsense.
  3. Anda mulai menayangkan iklan di blog.
  4. Anda mendapatkan rupiah jika ada orang/pengunjung yang klik iklan di blog.

Menjadi sebuah penayang iklan Google Adsense itu sangatlah mudah tentunya harus mengacu pada kebijakan Adsense itu sendiri.

Bisa lihat kebijakan menjadi penayang iklan Adsense disini: https://support.google.com/adsense/answer/23921?hl=id

Adsense menjadi sampai saat saya membuat artikel ini masih menjadi primadona, NAMUN mendaftar adsense tidaklah mudah, harus ada suatu teknik yang diterapkan saat menjadi mendaftar Adsense.

Menjadi Affiliate Merketer

Bagi yang masih asing dengan yang namanya affiliate, saya buat simple saja.

Affiliate adalah ketika anda memberi referensi produk pada calon pembeli, maka anda akan mendapat komis sesuai yang dijanjikan oleh yang memiliki produk tersebut “istilah lain dalam dunia offline adalah Calo” namun perbedaannya adalah affiliate ini biasanya si calo(anda) memberikan sebuah LINK URL kepada calon pembeli.

Berikut alur proses system affiliate

  1. Anda mendaftar menjadi partner affiliate dari salah satu perusahaan atau toko online.
  2. Anda terdaftar dan mereferensikan teman terdekat untuk membeli produk di toko/perusaan.
  3. Anda memberikan LINK URL yang disarankan oleh perusahaan/toko tempat anda mendaftar menjadi agen affiliate.
  4. Teman anda klik LINK URL website yang anda sebarkan.
  5. Teman anda membeli produk di toko online/perusahaan yang anda referensikan.
  6. System menghitung
  7. Anda mendapat komisi sekian persen dari jumlah pembelian teman anda.

Sistem affiliate bisanya kebanyakan menawarkan produk digital non-fisik namun saat ini juga banyak toko-toko online yang menerapkan System Affiliate, dan berikut toko online besar yang menerapkan system affiliate:

  • Lazada
  • Blibli
  • Zalora
  • JD.id

Dan masih banyak lagi website toko online yang membuka System Komisi Affiliate.

Bagaimana Saya Bisa Memulai Ngeblog?

Mungkin anda akan bertanya, ngeblog pasti bayar kan? Jawaban saya TIDAK dan juga IYA.

Bingung?

Oke saya beri penjelasan kenapa saya beri jawaban itu.

Ngeblog itu ada yang modalnya gratisan, dan juga lebih terlihat profesional dengan cara membayar.

Untuk membuat blog gratisan yang memang saya sarankan untuk anda yang belum tau bagaimana cara memulai blog agar bisa menghasilakan namun berawal dari gratisan.

Namun poin penting yang harus diterapkan adalah, KEMBALI BACA artikel ini dari awal untuk menyusun Strategi Ngeblog Menjadi Bisnis.

Banyak situs untuk membuat website atau blog gratisan, dan yang paling populer dan paling banyak komunitasnya adalah:

  1. Blogger.com
  2. WordPress.com

Namun jika anda akan menyusun strategi Ngeblog untuk menjadi penayang iklan, blogger.com adalah pilihan yang tepat.

Kenapa demikian?

Karena layanan blogger.com adalah milik google yang akan mudah ketika Anda akan mulai mencoba untuk menjadi penayang iklan di Google Adsense.
(Klik Disini Cara Daftar Google Adsense).

Bagaimana saya membuat blog di blogger?

Untuk yang awam atau pemula, bisa mencari artikel cara membuat blog di blogger namun saya sarankan lebih baik mencari di youtube, karena dengan video lebih mengasikan dan juga akan lebih mudah lagi untuk mempelajarinya.

NAMUN!: Jika anda siap untuk memulai membuat website/blog secara profesional, bisa membaca artikel menarik ini: Cara Membuat Website untuk Pertama kalinya

Sekian pembahasan dari saya, semoga artikel ini memberi manfaat.

Nantikan artikel menarik lainnya yang akan membahas tentang Bisnis, Website, Tools Marketing, Services.

Langganan Artikel

Dapatkan artikel menarik lainnya langsung dikirm ke email Anda